√ Kisah Pendiri Adidas dan Puma, Dua Saudara yang Menjadi Musuh - AhzaaMedia

Jumat, 12 Mei 2023

Kisah Pendiri Adidas dan Puma, Dua Saudara yang Menjadi Musuh

Adidas dan Puma merupakan dikenal sebagai dua merk terkemuka outfit olahraga.  Namun tahukah Moms, merk Adidas dan Puma ternyata didirikan oleh dua orang saudara yang akhirnya berakhir menjadi musuh loh. Mau tau kisah selengkapnya, simak ya ceritanya sampai akhir.

Adolf dan Rudolph Dassler


Kisah sukses dua bersaudara
Rudolph "Rudi" Dassler dan Adolf "Adi" Dassler yang merupakan saudara yang hidup di kota Bavaria, Jerman. Kehidupan keduanya tidak jauh dari dunia sepatu, pasalnya, ayahnya bekerja di pabrik sepatu dan ibu bekerja sebagai pencuci baju. 

Selepas kembali dari Perang Dunia Pertama pada tahun 1924, Adi membuat sepatu di ruang belakang tempat laundry ibunya sementara Rudi juga melakukan langkah yang sama. Keduanya kemudian mendirikan pabrik sepatu yang diberi nama Gebrüder Dassler Schuhfabrik atau pabrik sepatu saudara Dassler. 

Pabrik mereka berfokus pada sepatu atletik. Menariknya, sepatu- sepatu buatan mereka lebih unggul dari sepatu atletik yang tersedia saat itu. Tidak butuh waktu lama, usaha mereka dapat berkembang dengan pesat menguasai pasar olahraga Eropa. 

Hal tersebut dapat dilihat dari atlet- atlet pada ajang Olympic tahun 1928 di Amsterdam yang memakai sepatu- sepatu buatan mereka. Perusahaan mereka makin terkenal setelah Jesse Owens, seorang peraih empat medali emas, yang memakai produk sepatu mereka hingga perusahaan terdorong ke tingkat nasional.

Awal Permusuhan
Ketika Hitler meraih puncak kekuasaan, mereka lantas bergabung dengan Partai NAZI. Rudi kemudian ikut berperang dalam perang dunia II dan pada akhirnya ditangkap sekutu saat Jerman kalah dalam peperangan. Rudi berpendapat bahwa adiknya telah berkhianat kepadanya hingga keduanya terjebak dalam konflik.

Konflik tersebut berbuntut pemisahan pabrik sepatu oleh keduanya. Adi kemudian mendirikan pabrik sendiri yang diberi nama Adidas yaitu diambil dari nama Adi Dasler sementara Rudi membangun pabriknya sendiri dan melabelinya dengan nama Puma.

Persaingan keduanya semakin menajam hingga masuk ke ranah kehidupan masyarakat kota. Hal tersebut terlihat dari beberapa aturan yang tidak masuk akal seperti golongan- golongan yang berpihak pada salah satu perusahaan sampai pelarangan pernikahan antarkaryawan perusahaan. 

Tahun 2009 menjadi titik  akhir dari perselisihan yang terjadi selama enam puluh tahun dengan sepakat memainkan pertandingan sepak bola persahabatan. Kedua Dassler bersaudara baik Rudi maupun Adi telah sama- sama meninggal dan mereka dimakamkan dalam kompleks yang sama meskipun dalam ujung pemakaman yang berlawanan. Benar- benar yaa, permusuhan berlanjut sampai meninggal. 

Itulah kisah kesuksesan dua raksasa pembuat outfit olahraga Adidas dan Puma yang sama- sama didirikan oleh dua saudara. Kira- kira, dari dua merk sepatu tersebut, Moms lebih prefer tim yang mana nih ? Adidas atau Puma?  Silahkan kemukakan pada kolom komentar yaa...

Get notifications from this blog