√ Ragu dalam Memilih Sekolah untuk Anak? Inilah 10 Tips Membantu dalam Menentukan Sekolah yang Tepat - AhzaaMedia

Sabtu, 13 Mei 2023

Ragu dalam Memilih Sekolah untuk Anak? Inilah 10 Tips Membantu dalam Menentukan Sekolah yang Tepat

Wah, waktunya musim penerimaan peserta didik baru di sekolah ya Moms. Buat Moms yang putra putrinya sudah memasuki usia sekolah, sudahkah memiliki pandangan sekolah tujuan untuk mendaftar? Ataukah masih ragu dengan sekolah yang dipilih? 

Memilih sekolah untuk anak menjadi keputusan penting, pasalnya dapat berpengaruh pada masa depan mereka. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Moms semua dalam memilih sekolah yang tepat untuk putra- putrinya.

Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay


1. Pertimbangkan minat dan kepribadian putra putrinya
Setiap anak memiliki kebutuhan dan kepribadian yang berbeda, oleh karenanya, perhatikan minat, bakat, dan gaya belajar putra putrinya. Jadi, pilihlah sekolah yang dapat memberikan lingkungan belajar yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan.

2. Kurikulum
Tinjau kurikulum sekolah yang dipertimbangkan, mungkin saat ini sudah berlaku Kurikulum Merdeka,. Pastikan kurikulum tersebut sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan pendidikan yang diinginkan untuk putra putrinya yaa. Hal yang terpenting adalah dengan memperhatikan juga metode pengajaran dan pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran.

3. Tinjau Fasilitas dan Sumber Daya
Saat mendaftar, Moms dapat meninjau dan memeriksa fasilitas fisik sekolah, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, area olahraga, dan fasilitas teknologi. Pastikan sekolah menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung perkembangan akademik dan non-akademik putra- putrinya.

4. Perhatikan Ukuran Kelas dan Rasio Guru-Siswa
Pertimbangkan ukuran kelas dan rasio guru-siswa. Kelas yang lebih kecil dan rasio guru-siswa yang rendah cenderung memberikan perhatian individual yang lebih besar kepada setiap siswa. Kadangkala kita menemui rasio yang tidak seimbang dalam kelas, jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas atau disebut sebagai kelas "gemuk". Hal ini dapat mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas loh. 

5. Reputasi Sekolah:
Memeriksa reputasi dan prestasi sekolah menjadi hal yang penting. Tinjau peringkat dan ulasan sekolah, serta pencapaian akademik dan non-akademik siswa. Moms dapat berbicara  dengan orang tua siswa yang sudah berada di sekolah tersebut untuk mendapatkan wawasan dan pandangan dari mereka.

6. Pertimbangkan Biaya
Pertimbangkan biaya sekolah, termasuk biaya pendaftaran, biaya pendidikan, dan biaya tambahan lainnya. Pastikan Moms memiliki anggaran yang sesuai dan mempertimbangkan nilai yang Anda terima dari investasi tersebut.

7. Kunjungi Sekolah Secara Langsung
Kunjungi sekolah secara langsung untuk mendapatkan gambaran langsung tentang lingkungan dan suasana sekolah. Moms dapat menemui staf dan guru, dan bertanya tentang program-program yang ditawarkan serta visi misi sekolah.

8. Pertimbangkan Jarak dan Aksesibilitas
Pertimbangkan jarak antara sekolah dengan rumah ya Moms. Hal ini dapat berpengaruh terhadap aksesibilitas, seperti sarana transportasi dan fasilitas pendukung lainnya.

9. Libatkan Putra -Putrinya
Ajak putra putrinya berpartisipasi dalam proses pemilihan sekolah dan libatkan mereka dalam kunjungan sekolah dan ajukan pertanyaan tentang preferensi mereka. Pastikan mereka juga merasa nyaman dengan lingkungan dan suasana sekolah yang dipilih.

10. Percayakan Insting Anda
Terakhir, percayakan insting dan intuisi sebagai orang tua dengan mempertimbangkan aspirasi dan kebutuhan putra - putrinya. Pilihlah sekolah yang Moms percayai akan memberikan lingkungan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan putra- putrinya.

Memilih sekolah yang tepat membutuhkan beberapa pertimbangan ya Moms, namun dengan berbagai pandangan dan pilihan yang tepat, maka hal tersebut akan dapat dilakukan dengan cermat demi kebaikan putra- putrinya di masa mendatang. 

Get notifications from this blog