√ Mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery, Galeri Seni Kontemporer Kawasan Kota Lama Semarang yang Unik dan Artistik - AhzaaMedia

Sabtu, 13 Mei 2023

Mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery, Galeri Seni Kontemporer Kawasan Kota Lama Semarang yang Unik dan Artistik

Buat Moms and Dads yang lagi berkunjung ke Semarang, jangan lewatkan tempat satu ini, yaitu Semarang Contemporary Art Gallery. "Semarang Contemporary Art Gallery" merupakan sebuah galeri seni kontemporer yang terletak di Jalan Taman Srigunting Nomor 5 - 6 Tanjung Mas, tak jauh dari taman Srigunting dan Gereja Blenduk Kawasan Kota Lama Semarang. Galeri ini merupakan tempat yang memamerkan dan mempromosikan karya seni kontemporer baik dari seniman lokal, nasional, maupun internasional.

Sejarah Contemporary Art Gallery
Bangunan ini awal mulanya merupakan tempat tinggal dari seorang pastur yang bernama L Prinsen sekaligus tempat ibadah agama Katolik pada tahun 1882 silam. Kemudian pada tahun 1918, bangunan dirobohkan dan dibangun gedung baru dengan konsep Spanish Colonial. Tahun 1933, Oei Tiong Ham Concern, sang pemilik perusahaan asuransi pertama di Indonesia, menempati gedung hingga seorang pribumi bernama Tasripin, konglomerat pengusaha kulit di Semarang, kemudian mengambil alih bangunan ini. Bangunan tersebut juga pernah disewakan sebagai gudang, kantor perusahaan, dealer motor dan pabrik sirup sampai tahun 1998. 

Semarang Contemporary Art Gellary

Hingga pada tahun 2007, pemilik gedung melakukan restorasi pada gedung dan setahun kemudian Galeri diresmikan. 

Galeri seni ini didedikasikan untuk memajukan dan mengapresiasi seni kontemporer dengan menjadi platform bagi seniman untuk mengekspresikan visi dan kreativitas mereka melalui berbagai media seperti lukisan, patung, instalasi, fotografi, seni video, dan seni performatif. 

Galeri ini juga memberikan ruang bagi seniman untuk memamerkan karya-karya mereka, bertukar ide, dan berinteraksi dengan pengunjung.
Lukisan dalam galeri

Semarang Contemporary Art Gallery sering kali mengadakan pameran tunggal dan kolektif, yang memberikan kesempatan bagi seniman untuk memperlihatkan karya mereka secara lebih luas kepada masyarakat. Pameran-pameran ini dapat mengangkat berbagai tema dan isu, mencerminkan perkembangan seni kontemporer dan memperkaya pemahaman kita tentang seni sebagai sarana ekspresi dan komunikasi.

Selain menjadi tempat pameran, galeri seni ini juga sering menyelenggarakan acara dan kegiatan lain seperti diskusi, lokakarya, serta pertunjukan seni yang melibatkan seniman, kurator, dan penikmat seni. Hal ini bertujuan untuk memperluas pemahaman dan apresiasi terhadap seni kontemporer serta membangun jaringan antara para seniman dan pecinta seni.

Semarang Contemporary Art Gallery juga berperan sebagai wadah bagi pengunjung untuk mendapatkan pengalaman baru dan mengeksplorasi beragam perspektif artistik. Dengan adanya galeri seni ini, masyarakat Semarang dan sekitarnya memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan karya seni kontemporer yang menantang, menginspirasi, dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang keberagaman seni.
Patung yang ikonik

Sebagai galeri seni kontemporer, Semarang Contemporary Art Gallery berperan penting dalam memajukan dan mengembangkan ekosistem seni di Semarang dan kontribusi mereka dalam mempromosikan seni kontemporer sebagai bagian dari kehidupan budaya dan kreativitas kota ini.

Untuk tiket masuk terjangkau ya Moms, hanya Rp. 20.000 dan galeri buka mulai jam 10.00 sampai 20.30 setiap hari kecuali hari Senin. 

Get notifications from this blog